Pengertian Tips, Trik, dan Tutorial Serta Perbedaannya

Hasil gambar untuk tips trik tutorial

Terkadang bagi para blogger untuk menentukan kategori mana yang tepat untuk sebuah artikel itu sangat merepotkan. Coba bedakan yang mana tips, trik atau tutorial di antara HIT Obat Nyamuk Solusi Keluarga Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Cara Membuat Cheat Game Tahan Lama  serta Cara Membuat Fans Page Facebook. Saya sendiri pun masih bingung untuk membedakannya, daripada Saya pusing, lebih baik untuk kategori kadang Saya pilih dua saja kategorinya.

Namun, perlahan Saya mengerti perbedaan antara ketiga kata tersebut dan cara yang tepat untuk menggunakannya. Adapun yang Saya dapatkan dari pencarian search engine Google rata-rata untuk tips, trik, dan tutorial hanya deskripsi pada blog orang lain. Bahkan ketika Saya kunjungi blog lain, blog tersebut masih bingung untuk menentukan yang mana tips, trik dan tutorial. Nah, berdasarkan kesimpulan dari pengalaman Saya, maka perbedaan tips, trik dan tutorial ada di bawah ini.

Perbedaan Tips, Trik dan Tutorial

Tips, adalah sebuah kata dari bahasa inggris, yang menurut Saya artinya adalah saran atau nasehat untuk melakukan sesuatu (kata ini tak ada di KBBI, ini kata dari bahasa Inggris). Mungkin ini arti yang lebih mendekati, yaitu sesuatu yang memberikan arah atau saran untuk mengambil keputusan atau tindakan.

Trik, juga merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Menurut KBBI, trik artinya akal, muslihat; kiat: perancang pertunjukan melakukan - apa saja untuk mengisi menit-menit yang melelahkan. Kalau menurut Saya definisinya adalah cara mudah atau alternatif untuk melakukan sesuatu. Untuk mempermudah, berikut beberapa sinonim trik : akal, cara, daya, kiat, kunci, muslihat, rahasia, resep, siasat, strategi, taktik.

Tutorial, adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada murid untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri murid secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Tutorial dilaksanakan secara tatap muka atau jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri. Menurut Saya tutorial ini contohnya seperti cara merakit pesawat, cara merakit robot, cara merakit komputer, atau macam-macam cara membuat simpul tali sepatu.

Itu saja yang Saya ketahui tentang Pengertian Tips, Trik, dan Tutorial Serta Perbedaannya. Mungkin jika kalian lebih tau bisa berikan komentarnya di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengakses XAMPP Di Android

KONFIGURASI FIBER TO THE HOME (FTTH)